3 Nov 2021, November 03, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-05T06:16:15Z
HeadlineKebumenUtama

Bupati Kebumen Panen Lele di Halaman Rumah Dinas

 


RADARKEBUMEN.COM, KEBUMEN-Halaman belakang Rumah Dinas (pendopo) Bupati Kebumen selama ini disulap menjadi taman sekaligus lahan pertanian dan perikanan. Bahkan, budidaya pekarangan ala Bupati Kebumen yang disebut "Kebun Kita Agri Smart" itu telah panen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto  Senin (1/11/2021), memanen ikan lele yang kemudian dibagikan kepada para petugas kebersihan. Di saat yang sama, Bupati menanam padi di sepetak lahan yang sudah disulap menjadi sepetak sawah. Kemudian di area sawah tersebut juga disebar ratusan ikan belut.

Koordinator Kebun Kita Agri Smart, Moch. Samsul  Ma'arif menambahkan di Kebun Kita ini sudah tersedia 41 jenis tanaman di lahan seluas 20×14 meter, baik itu hortikultura dan juga buah-buahan. Ada juga tanaman pangan seperti jagung dan padi. Kemudian ditambah lauknya ada lele, ikan gabus dan belut.

"Alhamdulillah semua sudah lengkap, ini sudah cukup untuk mensuplai kebutuhan pangan untuk pendopo. Jadi dengan kebun ini, kebutuhan pangan kita sudah tidak lagi belanja di luar. Karena apa yang kita tanam sudah cukup memenuhi kebutuhan kita sehari-hari," ujar Samsul.

Jika dilihat Kebun Kita ini memang cukup lengkap, aneka bumbu dapur pun tersedia, dari cabe, lengkuas, kunir, jahe, mrica. Sayurannya ada kobis, pare, terong, kangkung, kembang kol, labu, kacang panjang, tomat, buncis, tanaman okra, jagung ada dua macam, jagung ungu, dan jagung manis, ada juga jambu kristal, jambu air, blimbing hingga tanaman sayuran lainnya.

"Pupuknya full pakai pupuk organik atau pupuk kandang. Jadi Kebun Kita ini mengusung Etnik Modern, berupa kebun tapi bisa mirip atau didesain semi taman. Terlihat lebih rapi dan modern. Penyiramannya sudah pakai fertigasi atau timer, tidak manual," tandasnya. 

Sementara itu, Bupati Arif mengaku takjub dengan kreasi dari Tim Agri Smart yang sudah mampu mengubah lahan belakang pendopo yang tadinya tak terpakai menjadi perkebunan yang berisi aneka macam tanaman sayuran, buah-buahan dan juga perikanan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Tim Agri Smart yang sudah punya daya kreasi yang tinggi, untuk menjadikan lahan yang tadinya tidak terpakai, terbengkalai menjadi sesuatu yang bermanfaat. Ini sangat sejalan dengan program ketahanan pangan yang kita canangkan di masyarakat," ujar Bupati, Senin (1/11).

Bupati berharap untuk mendukung ketahanan pangan melalui program Kembang Kenari (Kekuatan Masyarakat membangun Kebun Pangan Lestari), bisa terus diikuti oleh instansi pemerintahan di bawahnya baik camat maupun desa dengan melakukan hal yang sama.

"Saya ingin ke depan di tingkatan camat maupun desa juga punya program yang sama untuk bisa memanfaatkan lahan kosong  di tempat tertentu untuk dijadikan perkebunan dan perikanan, sehingga lahan menjadi lebih produktif," jelasnya.

Bila perlu kata Bupati, nanti akan di lombakan. Pemanfaatan lahan semacam ini menurutnya, penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas untuk sebisa mungkin memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumahnya dengan bercocok tanam.(fur)