17 Nov 2021, November 17, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-25T04:04:53Z
HeadlineKebumen

Jalur Searah Kebumen Bakal Dilengkapi Jalur Sepeda dan Pejalan Kaki

 


KEBUMEN-Pemkab Kebumen telah menetapkan jalur searah. Tak hanya bertambah lebar, jalur ini nanti akan dilengkapi dengan sejumlah sarana publik yang diharapkan akan membuat warga semakin nyaman saat berada di jalur tersebut.


Kepala DPUPR Kabupaten Kebumen, Haryono Wahyudi, menyampaikan jalur searah meliputi tiga jalur yakni Jalan Pahlawan Sutoyo dan Kusuma (PaSuMa). Mengacu para perencanaan teknis,  Lebar jalan akan menjadi 8,2 meter dengan 2x3,5 meter lajur lalu lintas dan 1 jalur sepeda selebar 1,2 meter.


Baca Juga Yang Paling Tau Kebumen


Tak hanya bertambah lebar, jalur tersebut juga bakal dilengkapi dengan sejumlah sarana prasarana. Seperti  jalur pedestrian (pejalan kaki), tempat duduk, lampu hias, taman dan ruang terbuka hijau, jalur difable. "Penyususunan Dokumen Perencanaan Teknis Penataan Koridor Pasuma dilaksanakan oleh Dinas PUPR," kata Haryono dalam jumpa pers yang digelar kemarin (16/11/2021).


Masih kata Haryono, pada anggaran APBD Tahun 2021 Perubahan, Dinas PUPR telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,223 miliar untuk melaksanakan pekerjaan pembongkaran media jalan dan pemindahan tiang PLN. 


Kemudian, di tahun 2022, Dinas PUPR telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 12 miliar yang rencananya akan digunakan untuk penataan saluran drainase di seputar Tugu Lawet. Juga, pembuatan trotoar, pedestrian dan kelengkapannya di Jalan Pahlawan.


Di tempat yang sama,  Kasi Manajemen Rekayasa Sarpras Lalu Lintas Eisna Haryanti menyampaikan kebijakan jalan satu arah bertujuan mengurangi kepadatan kendaraan di Jalan Pahlawan Sutoyo dan Kusuma (PaSuMa). 


Sejatinya kajian terkait kepadatan lalu lintas telah dilaksanakan sejak tahun 2016 silam. Namun penetapan jalur searah baru dapat dilaksanakan pada era kepemimpinan Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH. Dalam kesempatan tersebut  Eisna juga menyampaikan terkait dengan jalur satu arah Dishub Kebumen telah menambah rambu dan marka jalan untuk keselamatan dan ketertiban lalu lintas. (mam)