18 Nov 2021, November 18, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-19T03:24:15Z
HeadlineKebumen

Pulihkan Ekonomi, Warga Kebulusan Budidayakan Ikan Nila

 


RADARKEBUMEN.COM, KEBUMEN-Dalam rangka memulihkan ekonomi warga akibat pandemi covid-19, Pemdes Kebulusan Kecamatan Pejagoan menggelar program Padat Karya Tunai Dana Desa (PKTDD). Dalam kegiatan ini, Pemdes memilih sektor perikanan dengan membudidayakan ikan nila.


"Seperti yang kita semua tahu tahun 2020 dan 2021 masyarakat sangat merasakan dampak ekonomi akibat Pandemi Covid 19. Sehingga berdasarkan Musdes APBDes 2021 program PKTDD dialokasikan untuk program pemulihan dan peningkatan ekonomi Masyarakat Desa Kebulusan, "ujar Kepala Desa Kebulusan H Romelan Mustofa SH . 


"Dalam hal ini program tersebut Pemdes Kebulusan menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Arta Guna dan KTI Mina Lestari. KTI Mina Lestari Kebulusan sendiri sudah berpengalaman dalam membudidaya ikan dengan sistem mina padi, " imbuhnya.


Disampaikannya, Pemdes Kebulusan mengalokasikan Rp 46, 7 juta kepada Bumdes Arta Guna untuk melaksanakan program PKTDD sebagai mitra Pemdes. 


Ketua Bumdes Arta Guna Drs Dwi Aries Pambrasto menyampaikan berterimakasih kepada Pemdes yang sudah mengalokasikan Dana Desa setiap tahun untuk Bumdes, sebagai tambahan Modal. Namun di tahun 2021 memang sedikit berbeda pengalokasian Dana Desa yang melalui Program PKTDD yang digunakan untuk Peningkatan Ekonomi Kerakyatan. Sehingga BUMDes menggandeng KTI Mina Lestari sebagai mitra Bumdes. 


“Tujuannya agar KTI Mina Lestari melaksanakan program PKTDD 2021 dengan MoU yang sudah disepakati oleh pihak Pemdes, BUMDes dan KTI Mina Lestari. Mengenai pelaksanaan program tersebut sampai dengan bagi hasil keuntungan yang nantinya diperoleh,” jelasnya.


Disampaikan pula, pengalokasian PKTDD tahun 2021 dari Pemdes Kebulusan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi anggota KTI Mina Lestari. Selain itu bisa memberi keuntungan bagi Bumdes Arta Guna dan bisa menyumbang PAD Desa Kebulusan. 


“Nantinya pemasaran ikan KTI Mina Lestari Bumdes akan menggandeng E Warung yaitu untuk mensuplai Bantuan Sosial Tunai (BST). Dimana yang biasanya di suplay daging ayam besok diganti ikan hasil pengelolaan KTI Mina Lestari,” jelasnya.


Diharapkan pula semua warga masyarakat Desa Kebulusan dapat menikmati adanya Program PKTDD 2021. Terlebih Bumdes dan KTI mempunyai program kedepan yang lebih yaitu ingin menjadikan kolam ikan milik Desa yang di kelola KTI dan Bumdes menjadi wisata Edukasi. “Semoga ini bisa dapat terwujud,” katanya.

Dalam acara tebar benih ikan tersebut Ketua KTI Mina Lestari Ky H Abdul Mungin sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Kades dan Pemdes yang peduli terhadap keberadaan Kelompok Tani.


Tabur benih ikan juga dihadiri olah Forkompincam Pejagoan yaitu Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Polsek Pejagoan serta Pendamping Tekhnis Desa dan Pendamping Lokal Desa serta anggota KTI Mina Lestari dan Lembaga Desa serta tokoh masyarakat. (mam)