1 Nov 2021, November 01, 2021 WIB
Last Updated 2021-11-05T06:15:38Z
Budaya

Sanggar Seni Berjuang Lawan Pandemi


RADARKEBUMEN.COM, KEBUMEN- Masa Pandemic Covid -19 menjadi masa-masa yang sulit bagi komunitas kesenian untuk tetap tetap eksis dan berkreasi. Apalagi bagi komunitas kesenian tradisional, pada sebuah sanggar seni yang berada di daerah pedesaan.

Pada kondisi pendemi, dibutuhkan komitmen yang kuat dari para pengelola sanggar maupun para anggotanya. Para pelaku seni harus tetap berjuang untuk tetap hidup dan berkreasi meski dalam masa tanpa kompromi.

Tanpa terkecuali, bagi Sanggar Surya Sumirat yang berada di RT 04 RW 01 Desa Pesuningan Prembun. Sanggar seni tradisi yang dipimpinan Eko Haryono SE itu telahyang berdiri sejak 3 Maret 2010 silam. ini dengan jumlah anggota 40 orang pelaku seni. Mereka  harus berjuang agar tetap eksis selama Masa Pandemic Covid-19.
	
Ketua Sanggar Surya Sumirat Eko HaryonoSE menyampaikan pihaknya baru-baru ini melaksanakan pementasan. Ini dilaksanakan untuk 30 komunitas yang berhasil lolos seleksi pengajuan proposal pada kegiatan Fasilitasi Pelestarian Nilai Budaya Tahun 2021 di wilayah kerja BPNB Jogyakarta. Ini meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.
“Dari 30 komunitas penerima bantuan salah satunya adalah sanggar Surya Sumirat Desa Pesuningan Prembun,” katanya. 

Pihaknya juga menambahkan, verifikasi proposal diantaranya meliputi administrasi dan keberadaan sanggar serta eksistensinya. Ini dalam  pelestarian kesenian dan kebudayaan di Kebumen khususnya seni tradisi. 

Sebagi bentuk upaya menjaga eksistensinya, baru-baru ini Sanggar Surya Sumirat menggelar kethoprak dengan lakon Babad Kebumen (Joko Puring ).  Ini dilaksanakan di Desa Pejengkolan Padureso. Pentas kethoprak yang disutradari oleh Mudiyono SPd itu dilaksanakan secara virtual / live streaming  di chanel You Tube Tri Cahaya. Ini dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta (BPNB ). 

“Sanggar Surya Sumirat telah memiliki Akta Kemenkumham Nomor  6  tertanggal 5 Juli 2017. Selain itu juga  dan berhasil meraih beberapa penghargaan,” jelasnya.
	
Adapun beberapa penghargaan diantaranya meliputi Juara 3 mewakili Kabupaten Kebumen pada Festival Permainan Rakyat tingkat Jawa Tengah. Juara 1 tingkat Kabupaten Kebumen pada Festival Tari Dolanan Anak 2016. Selain itu Penyaji Terbaik 4 Festival Kethoprak Bocah se Kedu. 

Aktifitas yang dikembangkan saat ini yakni seni tradisi kethoprak. Tidak hanya itu di Sanggar Surya Sumirat ini juga dilaksanakan pembelajaran menari bagi anak-anak. Bahkan untuk kesenian kethoprak tersebut selain kethoprak untuk orang dewasa, juga kethoprak untuk anak-anak.(mam)