16 Feb 2022, February 16, 2022 WIB
Last Updated 2022-02-18T03:29:06Z
KebumenRuparupa

Tips Memilih Lampu Kamar Agar Tidur Semakin Nyenyak

Sumber: GqbU78bdJFM


radarkebumen.com Tidak hanya berfungsi sebagai penerangan di dalam kamar, keberadaan lampu tidur juga bisa menjadi dekorasi yang mempercantik ruangan. Meski terlihat sepele, tetapi kita tetap harus cermat dalam memilih lampu tidur yang tepat. Apalagi, setiap jenis lampu tidur memiliki keunggulannya masing-masing. Nah, biar tidak salah pilih, simak beberapa tips berikut ini. 

Perhatikan warna lampu

Sebagai alat untuk menerangi ruangan, tentu saja pemilihan warna lampu menjadi sangat krusial. Pasalnya, tidak semua warna lampu cocok digunakan sebagai penerangan di malam hari. 


Umumnya, warna lampu terbaik agar tidur lebih berkualitas adalah warna dengan color temperature yang rendah, seperti, warna warm white, cool white, ataupun daylight. Hindari penggunaan warna lampu dengan tone biru karena bisa mengganggu siklus tidur. 


Selain itu, kamu juga bisa memilih lampu tidur yang cahaya bisa diatur dengan mudah, mulai dari sinar yang terang, redup, dan remang-remang. Untuk sinar yang paling terang, bisa kamu gunakan untuk membaca buku. Sebaliknya, lampu dengan mode redup dan remang-remang, dapat memberikan efek relaksasi saat sedang tidur.


Tentukan jumlah watt yang tepat

Tips selanjutnya adalah menentukan jumlah watt lampu tidur. Hindari memakai  watt yang terlalu besar karena lebih boros listrik. Sebaiknya, pilih watt yang lebih kecil, tetapi memiliki jangkauan penerangan yang maksimal. Namun, pastikan jumlah watt tersebut sesuai dengan ukuran luas kamar tidur kamu agar tetap terang.


Sesuaikan model lampu

Model lampu cukup beraneka ragam, mulai dari lampu gantung, lampu downlight, dan juga lampu bohlam. Pastikan kamu memakai model lampu yang sesuai dengan luas dan tema kamar. Misalnya, untuk kamar yang cukup sempit, kamu bisa memakai lampu downlight sebanyak 4 buah dengan diameter sekitar 7 cm. Dengan begitu, kamar pun tetap terang. 


Ketahui tata letak lampu

Sebelum memutuskan untuk membeli lampu tidur, sebaiknya kamu sudah memiliki gambaran area peletakkan lampu tidur terlebih dahulu. Lokasi penempatan yang terbaik sebaiknya tidak boleh berada tepat di atas tempat tidur. Karena posisi ini akan membuatmu menjadi susah untuk beristirahat. 


Sebaiknya, kamu bisa mencoba menggunakan lampu meja dan lampu gantung di sudut ruangan. Model lampu downlight juga bisa menjadi pilihan karena dapat memberikan penerangan yang lebih hangat. 


Itu dia cara memilih lampu kamar tidur yang tepat buat di rumah. Pastikan kamu memakai lampu tidur yang berkualitas, seperti lampu LED. Meskipun harga lampu Led led cenderung lebih mahal, tetapi daya tahan pemakaiannya bisa bertahan lama.


Kamu bisa mendapatkan berbagai pilihan lampu terbaik hanya di  Ruparupa.com Situs ini juga menyediakan kebutuhan rumah tangga, seperti harga tangga, kursi, meja, dan lemari, yang cukup terjangkau dan berkualitas rilisan dari Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.  Selamat belanja.(*)